8 Plugin WordPress yang Wajib Anda Install

Saat menginstal WordPress, anda mempunyai opsi menginstal plugin yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. WordPress sendiri mempunyai 40.000 plugin yang dapat dipilih mulai dari plugin SEO, galeri, widget, sampai toko online.

Dengan menggunakan plugin maka anda akan lebih mudah mengatur website sesuai dengan keinginan anda. Dengan begitu banyaknya plugin yang tersedia justru membuat anda semakin bingung hendak memilih yang mana.

Namun jangan khawatir sebab disini kami akan menjelaskan 8 plugin yang wajib anda instal pertama kali.

1. JetPack

JetPack terkadang telah terinstal secara default sehingga kita hanya perlu mengaktifkannya saja. JetPack dapat menjaga website kita dari serangan hacker yang mencoba menyusup ke website kita.

JetPack mampu mencegah serangan spam yang tak kita inginkan. Dengan automated threat resolution menjadikan website anda aman terkendali.

Selain fitur keamanan, JetPack juga memiliki fitur tambahan yaitu Advanved Stats and Analytics yang memudahkan anda melihat statistik website anda.

2. All in One SEO Pack

Ini adalah salah satu plugin yang sangat diandalkan dalam hal optimasi SEO. Plugin ini dapat membuat website anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Dengan dukungan XML dan AMP menjadikan plugin ini ideal untuk dipilih sebagai plugin SEO.

3. W3 Super Cache

Kecepatan adalah hal yang sangat penting bagi sebuah webite sehingga anda wajib menginstal plugin untuk mempercepat website anda.

Salah satunya adalah W3 Super Cache yang cara kerjanya saat pengunjung masuk ke website anda maka data situs anda akan terunduh di perangkat pengguna dan saat pengunjung mengakses situs anda maka tak perlu ada unduhan terlalu banyak lagi yang perangkat lakukan.

4. Add This Plugin

Ini adalah plugin yang digunakan untuk menambah tombol share pada website anda. Plugin ini telah diuduh lebih dari 200.000 pengguna. Anda dapat mengkostomasi tampilan tombol share sesuai dengan yang anda inginkan. Plugin ini terintegrasi dengan analytics sehingga dapat melihat laporan jumlah share yang dilakukan pengguna.

5. Contact Form 7

Website anda pasti membutuhkan formulir minimal untuk bagian kontak. Untuk memenuhi kebutuhan itu, anda dapat menggunakan plugin formulir terbaik yaitu Contact Form 7. Contact Form 7 sangat memudahkan pemilik website untuk mengkostomasi tampilan formulir agar terlihat menarik. Contact Form 7 telah dilengkapi dengan CAPTCHA sehigga kotak tak akan dapat dimasuki oleh bot atau spam.

6. Imagify Image Optimizer

Ini adalah salah satu plugin yang digunakan untuk mempercepat website dengan cara mengoptimasi ukuran gambar. Gambar adalah biang utama yang membuat webite menjadi berat untuk dibuka. Dengan menggunakan Imagify Image Optimizer maka ukuran halalaman akan semakin kecil dan website akan lebih cepat ketika diakses.

7. Disqus Comment

Disqus adalah plugin yang memungkinkan menambahkan Disqus di website anda. Disqus sendiri adalah sistem komentar pihak ketiga yang sangat memudahkan para pengunjung untuk langsung berkomentar tanpa perlu mengetikan formulir nama dan email untuk setiap hendak berkomentar.

Dengan Disqus juga anda dapat melakukan moderasi komentar dengan mengedit, menghapus, atau menyetujui komentar yang masuk.

8. Vaultpress

Ini adalah plugin yang penting bagi blogger ataupun website yang hendak membackup data mereka. Plugin ini menawarkan harga mulai dari $5 per bulan untuk backup. Ini sepadan sebagai pencegahan agar tak kehilangan data yang anda miliki.